Paket Kokain 1,2 Ton Terbongkar di Inggris

Nilai kokain ini diperkirakan mencapai 300 juta poundsterling atau sekitar Rp4,1 triliun.

Kepolisian Inggris berhasil menemukan kokain seberat 1,2 ton di atas sebuah kapal pesiar mewah (yacht). Diduga, kokain tersebut hendak dikirimkan ke Belanda melalui Inggris.

Dilansir dari laman The Telegraph, Rabu, 3 Juli 2011, penemuan ini adalah yang terbesar dalam sejarah kepolisian Inggris. Nilai kokain ini diperkirakan mencapai 300 juta poundsterling atau sekitar Rp4,1 triliun.

Ketika hendak dijual, kepolisian Inggris mengatakan, kokain tersebut dicampurkan lagi dengan bahan kimia khusus sehingga beratnya bisa mencapai sekitar 8 ton. Kokain sebanyak ini mampu memenuhi sepertiga permintaan kokain di Inggris yang diyakini terjual 25 ton per tahunnya.

Kepala Badan Imigrasi Inggris, Brodie Clark mengatakan, “Ini adalah penemuan kokain dalam jumlah yang sangat besar, terbesar yang pernah tercatat di Inggris.”

Kokain ini ditemukan di sebuah kapal yacht mewah seharga 1 juta poundsterling (Rp13 miliar) di pelabuhan Southampton. Kapal dikirimkan ke pelabuhan ini menggunakan kapal pengangkut dari pulau Inggris, Virgin Island. Yacht ini diduga akan dikendarai oleh para pengedar langsung ke Belanda.

Penggeledahan kapal dilakukan oleh gabungan Badan Imigrasi Inggris, Badan Organisasi Kriminal Serius (Soca), dan kepolisian Belanda. Terbongkarnya kokain ini juga mengarah kepada penangkapan enam anggota peredaran obat terlarang internasional di Belanda. (eh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s