Seputar Jodoh

Diasuh oleh : Dra. (Psi) Zulia Ilmawati

Tanya

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Ibu Pengasuh Rubrik Konsultasi Keluarga yang saya hormati, semoga ibu senantiasa berada dalam keadaan sehat wal’afiat sehingga bisa selalu memberikan pencerahan buat kami semua.Amiin.

Ibu saya man bertanya, bagaimana ya caranya menata hati kita, ketika orang yang kita harapkan untuk menjadi pendamping kita lebih memilih orang lain untuk hidup bersama. Banyak orang yang beranggapan bahwa usia yang sudah hampir menginjak 30 tahun terus belurn menikah, dianggap suka memilih pasangan. Bagaimana menurut ibu? Apa itu bisa dijadikan alasan seseorang terlambat menikah? Kiat-kiat apa yang harus saya lakukan agar jodoh kami juga cepat ketemu. Jazakillah untuk pencerahannya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
AN Makassar

Jawab

Wa’alaikumsalam Wr.Wb.
An yang baik,
Menanti katanya adalah hal yang mem¬bosankan. Apalagi jika menanti sesuatu yang tidak pasti. Sementara waktu terus berjalan dan usia semakin bertambah. Kekhawatiran mulai muncul ketika usia sudah menjelang kepala tiga, sementara jodoh belum juga datang. Apalagi ditambah dengan anggapan, jika sudah menjelang usia 30 tahun belum berjodoh, itu karena suka pilih-pilih. Bukankah dalam persoalan jodoh kita memang harus memilih? Menikah adalah menjalankan sunah Nabi, sesuai dengan fitrah manusia. Dan ada hikmah yang dapat diambil jika sunnah Nabi ini dijalankan, yaitu munculnya ketentraman jiwa.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram bersamanya, dan dijadikan-Nya di antara kamu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi kaum yang berpikir” (TQS. Ar-Ruum:30).

An yang baik,
Jodoh, rezeki dan kematian itu ada di tangan Allah. Bagian dari kehidupan kita yang sudah ditetapkan. Allah-lah yang sebenarnya menentukan, bukan diri kita. Kalau laki-laki yang selama ini Anda harapkan, kemudian memilih perempuan lain, berarti itu memang bukan jodoh Anda. Kecewa, bisa dimaklumi. Tapi Anda mesti segera mengembalikan kepada-Nya. Allah SWT Maha Tahu apa yang terbaik buat Anda. Jadi, terimalah dengan penuh rasa ikhlas. Bukan tidak mungkin, Anda akan mendapatkan yang jauh lebih baik. Apa yang Anda rasakan, sangat tergantung pada apa yang Anda pikirkan. Jika yang dibangun dalam benak Anda adalah sikap berbaik sangka (huznudzan) terhadap semua yang diberikan Allah pada Anda, Insya Allah Anda akan dapat menerimanya dengan ikhlas.

Untuk menghilangkan kekhawatiran-kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini, usahakan untuk selalu menyerahkan semuanya pada Allah. Sebagai hamba-Nya, kita diwajibkan untuk selalu berusaha dan Allah yang menentukan keberhasilan usaha kita. Sering kali kita sudah berusaha maksimal untuk menggapai apa yang kita inginkan namun kita belum beruntung, itu semata-mata karena Allah belum menghendaki dan kita harus percaya bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha kita begitu saja. Allah pasti akan memberikan balasan-Nya, sehingga kita tidak mudah untuk putus asa di saat tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Begitu juga dengan jodoh.

An yang baik,
Dalam memilih pasangan, kita dituntunkan untuk memilih yang agamanya baik. Rasulullah SAW bersabda:
“Jika datang seorang lelaki yang melamar anak gadismu, yang engkau ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah (musibah) dan kerusakan yang merata dimuka bumi ” (H R.At-Tirmidziy)

Untuk mendapatkan laki-laki yang shalih mungkin memang tidak mudah. Yang pasti, laki-laki shalih tidak akan mungkin didapat di sembarang tempat, di tempat-tempat hiburan, atau di tempat maksiat. Mereka biasanya akan mudah ditemui di masjid-masjid, mushala, pengajian-pengajian atau di tempat-tempat yang di dalamnya syarat dengan aktivitas keislaman. Karena Islam telah memberikan aturan yang jelas tentang bagaimana berinteraksi dengan lawan jenis, maka tentu ada hal-hal yang mesti Anda perhatikan dalam upaya mendapatkan jodoh ini. Anda bisa minta bantuan teman, orang tua, atau orang yang dapat dipercaya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan Anda kesabaran dan keikhlasan, dan jodohnya segera datang. Amiin …

3 responses to “Seputar Jodoh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s