Kelompok Fotografer Tuntut Google

Ini berkaitan dengan rencana Google untuk mendigitalisasi jutaan buku

Masyarakat Fotografer Media Amerika (ASMP) dan kelompok seniman visual lain mengumumkan akan mengajukan tuntutan class-action melawan raksasa internet Google. Ini berkaitan dengan rencana Google untuk mendigitalisasi jutaan buku.

Sebelumnya, organisasi penulis Authors Guild dan Asosiasi Penerbit Amerika telah menyuarakan kritik terhadap rencana Google pada 2005 silam. Polemik ini diakhiri dengan kontrak senilai US$ 125 juta yang membuka jalan bagi Google untuk menjual jutaan kopi buku digital dengan sistem royalti.

Kelompok fotografer ini memutuskan untuk mengajukan tuntutan karena mereka tidak disertakan dalam perjanjian tersebut. Dalam tuntutannya, mereka menyatakan rencana Google melanggar hak cipta fotografer dan kreator karya grafis lainnya.

“Kami menginginkan keadilan dan kompensasi yang sepantasnya bagi artis visual yang karyanya digunakan dalam buku dan publikasi lain yang telah dipindai Google,” kata penasehat ASMP Victor Perlman seperti dikutip laman harian New York Times.

Kelompok lain yang bergabung dengan tuntutan ini antara lain Graphic Artists Guild, Asosiasi Fotografer Alam Amerika Utara, dan Fotografer Profesional Amerika, serta sejumlah ilustrator dan fotografer.

Perjanjian antara Google dengan penulis dan penerbit memang tidak membahas mengenai karya visual. Pengamat hukum dari Universitas Colorado, Scott Moss, mengatakan tuntutan seperti yang diajukan kelompok fotografer ini tidak bisa dihindari.

“Tidak mengherankan bahwa kesepakatan mereka dengan penulis tidak mengakhiri seluruh masalah hukum,” ujar Moss.

Namun Moss menegaskan bahwa tuntutan fotografer tersebut tidak akan memengaruhi perjanjian Google dengan penerbit dan penulis. Tuntutan ini akan dibahas dalam beberapa bulan mendatang dalam sidang yang dipimpin hakim distrik New York Selatan, Denny Chin.

Info : VIVAnews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s