Tiap hari 1 wanita Sumatera dinikahi pria Malaysia, 80% istri kedua

Medan – Dalam lima bulan terakhir ini, rata-rata seorang wanita Indonesia asal Sumatera dinikahi seorang lelaki Malaysia setiap harinya. Sebanyak 80 persen wanita tersebut dijadikan istri kedua.

Menurut wakil konsul Malaysia di Medan yang menangani devisi konsuler dan imigrasi, Ismail Ali, lelaki Malaysia yang menikahi wanita Indonesia asal Sumatera itu berusia rata-rata 30 tahun, kebanyakan di antara mereka muslim. Ia meyakini masih banyak lagi pernikahan yang terjadi, namun tidak dilaporkan ke konsulat.

Kepada harian Bernama, Ali menyatakan dugaannya karena mereka tidak mendapatkan izin dari pengadilan syariah untuk menikah di luar negeri atau untuk melakukan praktek poligami.

Warga negara Malaysia yang ingin menikahi wanita Indonesia di Sumatra diharuskan memenuhi persyaratan dokumen seperti verifikasi kewarganegaraan mereka di konsulat. Sebelum tiba di Sumatra, mereka juga diharuskan memenuhi dokumen lainnya, seperti surat keterangan status pernikahan, surat izin menikah di luar negeri dan izin melakukan poligami dari otoritas agama di wilayah asal mereka masing-masing.

Lebih lanjut Ismail menjelaskan kebanyakan pasangan yang menikahi telah bertemu sebelumnya di Malaysia, pada saat wanita-wanita Indonesia bekerja di Malaysia (TKW), baik sebagai pembantu rumah tangga, pekerja pabrik atau petugas kebersihan. Banyak di antara para wanita tersebut berstatus janda dan menikahi lelaki Malaysia untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Ali menambahkan meski jumlahnya tidak sebanyak lelaki Malaysia yang muslim, ada juga lelaki Malaysia non-muslim yang menjadikan wanita Indonesia sebagai isterinya. Untuk yang non-muslim diharuskan memiliki izin dari Jabatan Pendaftaran Negara Malaysia untuk menikah di luar negeri.
(BLak-BLakan.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s